Juli 31, 2010

Mode Fungsi

Perekam analog profesional memiliki 3 head, satu untuk reproduksi, satu untuk merekam, dan satu untuk menghapus. Penghapusan perlu karena merekam pada pita yang sudah digunakan menciptakan suatu efek memori dan mencegah kelancaran magnetisasi baru.
Ketiga head tersebut beserta fungsinya adalah:
Erase head (penghapusan), menghapus sinyal yang terekam dan mengatur ulang partikel magnet secara acak
Sync head (rekaman), bekerja dalam mode rekaman pada beberapa track dan dalam mode repro di track yang lain. Hal ini memungkinkan melakukan overdubbing.
Repro head (reproduksi), dirancang untuk reproduksi sinyal. Ketika merekam, monitoring sebaiknya dilakukan menggunakan sync head, sedangkan untuk mengendalikan kualitas suara rekaman ketika tahap reproduksi gunakan repro head.
Ada tiga mode fungsi untuk recorder, bergantung kepada operasi yang dibutuhkan. Ketiga mode berikut adalah:
Input mode
Mode ini digunakan ketika tahap awal rekaman dimana pemasangan level dilakukan. Dalam diagram kita dapat melihat bagaimana sinyal input memasuki sync head (dan karenanya dapat direkam meski pada tahap ini belum terjadi karena belum memungkinkan untuk mendengar apa yang sedang direkam ke pita) dan bagaimana kopi dari sinyal dikirim ke output untuk monitoring.
Gambar 6.2 Input mode
Repro mode
Mode ini digunakan pada tahap reproduksi. Kita dapat melihat bagaimana sinyal output datang langsung dari repro head sehingga dapat direproduksi dengan kualitas sangat tinggi. Konfigurasi ini ideal untuk mixdown (mixing) namun jarang digunakan untuk rekaman. Dalam diagram kita dapat melihat bagaimana sinyal input mencapai recording head juga sehingga memungkinkan operasi ini berlangsung. Namun, kesenjangan fase antara recording head dan repro head menyulitkan reproduksi real-time dari sinyal yang terekam.
Gambar 6.3 Repro mode
Sync mode
Dalam kasus ini hanya sync head yang digunakan (yang bila kita ingat, mampu mereproduksi beberapa track dan merekam yang lain pada saat yang sama). Ini memungkinkan overdubbing dilakukan.
Gambar 6.4 Sync mode
Tabel 6.1 Kecepatan putaran pita magnetik
Kecepatan pita (ips, inches per second)
Penggunaan
17/8
Perekam kaset. Dukungan analog yang paling buruk yang tersedia
33/4
Perekam studio portabel
71/2
Perekam analog semi-profesional
15
Perekam 2-track profesional/ perekam 24-track semi profesional
30
Perekam 24-track profesional
Tabel 6.2 Perekam analog
Lebar (inci)AplikasiTrackArahPenggunaan
1/8”Perekam kasetStudio portabel44-821AmatirDemo
1/4”ATRATR
MTR
42
4-8
21
1
AmatirSemi-pro
Amatir
1/2”ATRMTR28-1611Pro ATRSemi-pro
1”MTRMTR
MTR
816
24
11
1
ProSemi-pro
Semi-pro
2”MTRMTR
MTR
1624
32
11
1
Kualitas maksimumMTR standar industri
Pro MTR
ATR (Analogue ribbon recorder): mengidentifikasi perekam 2-track analog
MTR (Multitrack recorder): mengidentifikasi perekam analog multi-track

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini!!